Thursday, September 8, 2011

Home » » Ciuman Bibir 'Selamatkan' Nyawa Sesama

Ciuman Bibir 'Selamatkan' Nyawa Sesama

Berikan ciuman untuk teman atau saudara wanita terkasih! Lewat kecupan bibir yang terukir di sebuah kartu pos, sejumlah selebritas di Inggris ambil bagian dalam kampanye kemanusian melawan lima jenis kanker 'pembunuh' wanita: serviks, ovarium, rahim, vagina dan vulvar.

Bertajuk 'Kiss of Life', kampanye tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kelima jenis kanker tersebut, sekaligus menggalang dana penelitian terkait penyakit itu. Dengan kampanye ini, sejumlah aktivis yang terlibat berharap dapat menyelamatkan jutaan nyawa wanita.

Tak berlebihan jika lima jenis kanker itu dikata sebagai 'pembunuh' wanita. Lebih dari satu juta wanita di seluruh dunia didagnosis menderita kanker serviks, ovarium, rahim, vagina dan kanker vulvar setiap tahunnya. Dari 18 ribu pasien di Inggris yang terdeteksi, 7.500 di antaranya meninggal dunia.

Selebritas yang mendukung kampanye ini antara lain, Dannii Minogue; aktor 'Harry Potter' Rupert Grint; presenter televisi Lorraine Kelli dan Matt Baker; dan pembaca berita, Kay Burley. Mereka memngirimkan kecupan bibir dalam sebuah kartu pos disertai pesan-pesan dukungan terhadap kampanye ini.

Pelatih vokal X Factor, Yvie Burnett, bercerita tentang kanker serviks yang dialaminya dan mengingatkan pentingnya papsmear. Ia mengatakan tidak pernah merokok, tidak berganti pasangan seks, dan tidak mempunyai gejala apapun. Namun, menjelang usia 40 tahun, ia divonis mengidap kanker tahap tiga yang artinya sudah memasuki fase ganas.

Dokter menyarankan melakukan kolposkopi yaitu perawatan dengan membakar sel kanker. Singkat cerita Yvie berhasil menyingkirkan sel kanker tersebut berkat serangkaian perawatan. Ia mengimbau para wanita agar tidak meremehkan papsmear sebagai langkah pencegahan dini. “Saya tepat waktu. Jika saya melewatkan tes itu, mungkin saya tak bisa selamat."

Tak hanya selebritas, masyarakat umum juga diajak terlibat dalam kampanye ini. Melalui kunjungan di situs gcam11.org.uk, mereka bisa turut membagi ciuman bibir lewat aplikasi yang tersedia. Jika ingin menyumbang dana, mereka cukup mengirim sms ke nomor tertentu sebagai tanda kesediaan memberikan £2 atau sekitar Rp27 ribu per sms.

Jenny Éclair, seorang komedian mengatakan bahwa kampanye yang diusung 'The Eve Appeal' ini akan membantu menghentikan penyebaran kanker di tengah wanita muda, seperti dikutip dari The Sun. source

No comments:

Post a Comment