Monday, August 8, 2011

Home » , » Update WordPress 3.2.1

Update WordPress 3.2.1

WordPress baru saja merilis versi 3.2 pada tanggal 4 Juli yang lalu. Dan belum genap 2 minggu kini sudah keluar lagi WordPress 3.2.1. Wah bikin repot aja nih wordpress, lama-lama jadi bikin sewot nih. Semenjak versi 3 perasaan sering banget update sampai gak kehitung jumlahnya dan berani taruhan setelah ini juga pasti akan ada update lagi. Dan benar seperti komentar Bang Hendro Prayitno di postingan sebelumnya Update WordPress 3.2 :

“Ah wordpress bikin cape..karena sistemnya update bukan versi .. kl drupal itu versi .. wp benar2 bikin cape .. gua tungguin aja .. males ngapdate, paling bulan depan ada lagi tuh tingkahnya .. bagus sih phpnya di update .. tapi dah males aja mendingan nungguin lagi aja deh, ntar juga muncul lagi ..“

Ya begitulah wordpress heeee … karena dia open source barangkali dan makin populer jadi banyak yang develop habis itu jika ditemukan ada bug atau kekurangan dan ketemu solusinya biasanya update lagi Update lagi, mungkin begini ini yang sering bikin repot penggunanya. Inilah kelebihan wordpress sekaligus kekurangannya, dengan adanya update ini berarti ada temuan/masalah/bug yang perlu diperbaiki supaya kinerjanya semakin powerfull dan aman walaupun sebenarnya ternyata masih banyak juga bug yang ada di dalamnya. Untuk bug yang ditemukan memang nampaknya selalu ada saja di setiap versi, entahlah apakah ini sengaja dibiarkan supaya pemakai dituntut kreatif karena open source atau memang terlewat (tapi kayaknya gak mungkin mereka gak tahu hal ini).

Kekurangannya yaaa jadi bikin capek penggunanya untuk melakukan update apalagi jika wordpress yang digunakan sudah dicustom seperti punya saya ini termasuk beberapa blog punya temen saya yakin juga sudah dicustom, walhasil kalau mau update harus dicustom dulu secara manual satu persatu sebelum diupload ke server. Tapi untungnya untuk Update WordPress 3.2.1 ini sifatnya hanya tambalan (update minor) atau perbaikan pada beberapa fitur seperti ; perbaikan masalah ketidak cocokan beberapa server terkait dengan fungsi JSON, perbaikan desain dashboard dan theme Twenty Eleven (default Theme WordPress 3.2).

Karena kebetulan daftar file yang masuk dalam revisi tidak ada file yang perlu saya custom, maka update yang saya lakukan hanyalah mereplace/menimpa file-file yang masuk dalam daftar revisi dengan file-file yang baru, kecuali file yang ada di folder wp-content/themes/twentyeleven, karena saya tidak menggunakannya.

Berikut ini daftar nama-nama file yang direvisi :
wp-includes/post-template.php
wp-includes/compat.php
wp-includes/version.php
wp-includes/script-loader.php
wp-includes/class-json.php
wp-includes/nav-menu.php
wp-content/themes/twentyeleven/content-aside.php
wp-content/themes/twentyeleven/style.css
wp-content/themes/twentyeleven/content-link.php
wp-content/themes/twentyeleven/content.php
wp-content/themes/twentyeleven/content-image.php
wp-content/themes/twentyeleven/content-status.php
wp-content/themes/twentyeleven/content-quote.php
wp-content/themes/twentyeleven/screenshot.png
wp-content/themes/twentyeleven/inc/theme-options.php
wp-content/themes/twentyeleven/editor-style.css
readme.html
wp-admin/includes/update-core.php
wp-admin/includes/nav-menu.php
wp-admin/js/wp-fullscreen.js
wp-admin/js/wp-fullscreen.dev.js
wp-admin/css/press-this.css
wp-admin/css/dashboard.dev.css
wp-admin/css/install.css
wp-admin/css/global-rtl.dev.css
wp-admin/css/wp-admin.css
wp-admin/css/media.dev.css
wp-admin/css/global.dev.css
wp-admin/css/login.dev.css
wp-admin/css/dashboard.css
wp-admin/css/wp-admin-rtl.dev.css
wp-admin/css/global-rtl.css
wp-admin/css/press-this.dev.css
wp-admin/css/media.css
wp-admin/css/install.dev.css
wp-admin/css/wp-admin.dev.css
wp-admin/css/global.css
wp-admin/css/login.css
wp-admin/css/wp-admin-rtl.css 

No comments:

Post a Comment