Friday, August 5, 2011

Home » » Tips Menghadapi Bos Yang Bikin Stres

Tips Menghadapi Bos Yang Bikin Stres

Mungkin setiap Anda yang membaca artikel ini memiliki pengalaman buruk dengan atasan yang kurang menyenangkan. Bos seperti ini ada di mana-mana. Tidak ada yang tahu darimana mereka datang atau apa yang menyebabkan mereka dapat bersikap buruk. Namun, setiap bos yang menyebalkan memiliki sisi baik, bahkan jika Anda merasa tidak tahan berhadapan dengannya. Banyak tips yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi temperamen atasan Anda yang sulit dan membuat kehidupan profesional Anda menjadi lebih mudah.

1. Jangan Menjadi Emosional
 
Tergantung sifat seperti apa yang dimiliki orang tersebut, terdapat beberapa tips yang berbeda untuk meghadapi atasan yang sulit. Seringkali, bos yang benar-benar sulit memiliki karakter yang membuatnya berperilaku kasar atau terlalu kritis. Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar emosi Anda tetap terkendali. Jangan menanggapi perilaku emosional tersebut, karena hanya dapat membuat Anda disalahgunakan dengan lebih buruk. Bahkan bisa menjadi suatu hal yang egois dan Anda tidak akan menginginkan memiliki benturan yang seperti itu dengan atasan Anda.

2. Rencana B
 
Ketika berhadapan dengan bos yang sulit, Anda cenderung menghindari konfrontasi maupun diskusi dalam bentuk apapun. Hal itu dapat dimengerti dan selalu terjadi dalam situasi seperti ini. Jadi, sangatlah baik bila Anda memiliki beberapa rencana ke depan, hanya untuk berjaga-jaga jika situasi tidak berjalan seperti yang diharapkan. Rencana B Anda mungkin melibatkan pengetahuan bahwa Anda telah dijamin pekerjaan lain sebelum mebicarakan topik yang sensitif ini dengan atasan Anda, atau mungkin Anda dapat menghadiri rapat kerja dengan beberapa kemungkinan strategi yang berbeda.

3. Diskusikan, Jangan Konfrontasi

Berbicara tentang konfrontasi, jangan pernah lakukan itu. Anda tidak akan pernah menginginkan konfrontasi dengan atasan yang sulit. Jika atasan Anda bersikap kritis terhadap Anda, jangan langsung melawan dan menunjukkan sifat defensif. Konfrontasi semacam itu hanya akan mengakibatkan hal yang buruk bagi Anda. Mungkin hal itu melukai hati Anda, tapi lawanlah kritik yang dilontarkannya untuk meminta nasehat. Atasan Anda mungkin hanya memiliki cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu.

4. Periksa Diri Anda Sendiri

Tips untuk menghadapi atasan yang sulit juga perlu diberlakukan pada diri Anda sendiri. Pastikan Anda telah memeriksa perilaku Anda terlebih dahulu, dan evaluasi kinerja pekerjaan Anda. Apakah Anda telah melakukan sesuatu yang salah? Apakah Anda telah memaksa atasan Anda dengan beberapa cara? Terkadang kita memberikan petunjuk negatif tanpa bermaksud melakukannya, dan hal itu dapat menyebabkan atasan Anda berperilaku buruk terhadap Anda.

5. Miliki Seorang Mentor

Seringkali, memiliki seseorang untuk diajak bicara dapat mendatangkan manfaat dalam banyak area. Dengan menempatkan seseorang di perusahaan Anda yang dapat bertindak sebagai mentor, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan nasehat yang baik untuk menghadapi situasi tersebut. Anda dapat melihat manajemen yang baik itu seperti apa, dan Anda akan memiliki seseorang kepada siapa Anda dapat mencurahkan isi hati.

6. Buatlah Daftar

Tips lain untuk menghadapi atasan yang sulit adalah dengan merinci semua perilaku buruknya. Anda mungkin tidak akan pernah menunjukkan daftar ini kepada atasan Anda, namun berlatih melakukan hal ini dapat menjadi sebuah katarsis. Anda dapat melihat secara hitam putih apa yang paling mengganggu Anda. Selain membiarkan Anda melampiaskan perasaan Anda, metode ini juga dapat membantu Anda membayangkan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menangkal atau mengatasi perilaku buruk atasan Anda.

7. Mengetahui Keterbatasan Anda
 
Harimau tidak dapat mengubah garis-garis tubuhnya. Jika duduk dan berbicara dengan atasan Anda sepertinya tidak dapat menjadi pilihan, Anda mungkin harus menerima kenyataan bahwa Anda tidak dapat mengubah perilaku atasan Anda. Atasan Anda mungkin secara umum adalah seorang yang sulit. Dari sini, Anda bisa belajar untuk tidak mengambil hati segala hal yang dikatakan atasan Anda, dan berhentilah untuk menjelek-jelekkan atasan Anda. Bos Anda bukanlah seorang yang mengerikan, hanya atasan Anda – seseorang yang harus Anda hadapi sampai salah satu dari Anda mendapatkan posisi yang berbeda atau mendapatkan pekerjaan yang baru.

 Selalu ada keterbatasan bila berhubungan degan orang lain. Anda tidak dapat mengubah setiap orang, dan beberapa orang memang tidak ingin berubah. Jadi, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengubah respon Anda dengan cara yang lebih positif.  

No comments:

Post a Comment