Monday, August 8, 2011

Home » , » Menampilkan Related Post Tanpa Plugin

Menampilkan Related Post Tanpa Plugin

Salah satu cara untuk meningkatkan page view yaitu dengan menambahkan link terkait dengan isi sebuah postingan yang bisa dilakukan secara manual atau secara otomatis baik menggunakan plugin atau tanpa plugin. Cara ini biasa disebut dengan istilah Menampilkan Related Post atau posting terkait berdasarkan kesamaan tema atau topik bahasan. Untuk WordPress dikelompokan berdasarkan Category atau Tag yang sama. Dengan cara ini akan lebih memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk lebih mengeksplorasi dan menemukan lebih banyak informasi.

Link internally ke postingan dalam blog juga akan membantu meningkatkan ranking blog anda dan akan membantu meningkatkan traffic, sebab jika orang yang datang ke blog anda sudah tidak ada pilihan lagi untuk dilihat maka mereka akan pergi. Ketika anda menawarkan sebuah link ke postingan anda yang lain ada kemungkinan mereka akan klik link anda dan pengunjung akan tetap di blog anda lebih lama.

Untuk WordPress, khususnya yang self hosting cara menampilkan related post bisa memanfaatkan plugin yang cukup banyak jumlahnya. Di antara plugin yang pernah saya gunakan yaitu, Related Posts by Category atau Yet Another Related Posts Plugin. Namun kurang lebih 3 bulan ini saya sudah tidak menggunakan plugin tersebut. Sebagai gantinya saya menggunakan kode di bawah ini untuk menampilkan related post (tanpa plugin), yang saya tempatkan di file single.php.

<strong>Artikel Yang Mungkin Berkaitan :</strong>
<?php $this_post = $post;$category = get_the_category(); $category = $category[0]; $category = $category->cat_ID;$posts = get_posts('numberposts=11&offset=0&orderby=rand&order=DESC&category='.$category);$count = 0;foreach ( $posts as $post ) {if ( $post->ID == $this_post->ID || $count == 10) {unset($posts[$count]);}else{$count ++;}}?>
<?php if ( $posts ) : ?><div><blockquote>
<ol>
<?php foreach ( $posts as $post ) : ?>
<li><a href="<?php the_permalink() ?>" target="_blank"><?php if ( get_the_title() ){ the_title(); } else { echo "Tidak ada artikel terkait"; } ?></a></li>
<?php endforeach // $posts as $post ?>
</ol></blockquote></div>
<?php endif // $posts ?>
<?php $post = $this_post;unset($this_post);?> 
Kode di atas akan menampilkan artikel-artikel yang berhubungan berdasarkan kategori. Jumlah artikel yang ingin ditampilkan bisa ditentutan sesuai selera penggunanya. Contoh, settingan kode di atas akan menampilkan 10 artikel atau postingan berdasarkan kategori yang sama.

Untuk mempercantik tampilan seperti settingan padding, margin dan border kebetulan saya memanfaatkankan <blockquote> yang sudah saya modifikasi dan list style menggunakan nomor <ol>. Jika tidak suka silahkan hapus kode <blockquote> dan </blockquote>, atau bisa memodifikasinya dengan div style atau div class dengan mengedit file CSS untuk mengatur tampilan seperti padding, margin, font, border bahkan hover juga bisa anda customisasi sesuai selera.

Jika menginginkan berdasarkan Tag bisa menggunakan kode berikut ini : 
<h4>Related Post : </h4>
<ul>
<?php
//menampilkan 5 judul postingan terkait berdasarkan tag yang digunakan
$tags = wp_get_post_tags($post->ID);
if ($tags) {
$first_tag = $tags[0]->term_id;
$args=array(
'tag__in' => array($first_tag),
'post__not_in' => array($post->ID),
'showposts'=>5,
'caller_get_posts'=>1 );
$my_query = new WP_Query($args);
if( $my_query->have_posts() ) {
while ($my_query->have_posts()) : $my_query->the_post(); ?>
<li><a href="<?php the_permalink() ?>" rel="bookmark"><?php the_title(); ?></a></li>
<?php endwhile; }} ?>
</ul> 

No comments:

Post a Comment