Sunday, August 7, 2011

Home » » Kenali Gejala Tubuh Akan Sakit

Kenali Gejala Tubuh Akan Sakit

Kesehatan adalah hal utama yang harus dijaga. Jangan sampai kita melupakan kesehatan karena terlalu asik beraktifitas. Yuk kita kenali gejala tubuh kita kalau akan sakit.

Kliyengan (pusing ringan)
Ini bisa terjadi karena kita sedikit dehidrasi atau mungkin hipotensi ortostatik (hipotensi postural) yang terjadi ketika darah bergegas ke kaki dan jauh dari kepala saat tiba-tiba berdiri. Kondisi ini biasanya rentan terjadi pada orang dengan tekanan darah rendah.

Urine berbau aneh
Perubahan pada warna atau bau urine bisa terjadi karena sesuatu yang kita makan seperti asparagus atau obat yang kita minum seperti obat baru atau multivitamin. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya infeksi saluran kencing. Segera konsultasikan ke dokter jika bau busuk atau warna aneh pada urine terus berlanjut. Urinalisis dapat menentukan apakah sesuatu yang tidak biasa (seperti diabetes atau masalah ginjal) yang sedang terjadi.

Bengkak nyeri di bawah lengan atau ketiak
Ini bisa disebabkan oleh folikel rambut dicabut atau rambut tumbuh di ketiak kitz (bisa karena habis dicukur) atau kelenjar getah bening bengkak (dari infeksi). Konsultasikan ke dokter jika berlangsung lebih lama atau jika memburuk (merah atau iritasi). Kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi payudara, kista, atau tumor.

Telapak tangan berkeringat pada situasi tertentu
Telapak tangan berkeringat terjadi pada hampir setiap orang. Ini bisa merupakan respon normal terhadap stres atau kegelisahan. Mengambil beberapa menit untuk mencoba bersantai dengan menarik napas dalam, meditasi, melihat pemandangan dapat membantu mencegah atau mengurangi tangan berkeringat. Konsultasikan ke dokter jika tangan terus-menerus berkeringat, karena bisa jadi merupakan gejala hiperhidrosis, yaitu gangguan yang melibatkan berkeringat berlebihan pada tangan, kaki atau ketiak.

Kaki kram di malam hari
Ini bisa jadi karena ketidakseimbangan elektrolit halus (seperti kalium, magnesium atau kalsium) atau dehidrasi ringan. Bangun dan berjalan-jalan, lalu pijat otot untuk membantu rileks. Konsultasikan ke dokter jika kram di malam atau siang hari saat berjalan. Kondisi seperti ini bisa jadi karena gangguan pembekuan darah atau kerusakan saraf.

Kaki mati rasa
Bila memindahkan kaki dengan cara berulang-ulang selama latihan atau mengikat tali sepatu terlalu ketat, saraf kecil di antara jari-jari kaki bisa terjepit saat kita memberikan tekanan pada kaki yang dapat membuatnya merasa tidak nyaman mati rasa. Konsultasikan ke dokter bila mati rasa atau kesemutan terjadi pada kegiatan lain dan tidak kunjung sembuh. Ini bisa terjadi karena adanya masalah saraf di kaki.

Tubuh tersentak seperti jatuh saat tidur
Tersentak saat tidur bisa berasal dari ‘kemacetan’ saraf pada otak dan tubuh saat terjadi pergeseran posisi tidur. Sebuah gangguan dalam sinyal otak pada saat tubuh rileks dapat menyebabkan anggota badan dan kepala tersentak. Konsultasikan ke dokter jika hal ini sering terjadi atau mengganggu tidur kita, karena mungkin menjadi tanda sleep apnea atau gangguan gerakan tungkai periodik.
 
 

No comments:

Post a Comment