Tuesday, August 9, 2011

Home » , » Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Sebagian besar wanita tahu bahwa kehamilan dapat memengaruhi pola tidur mereka. Sayangnya, hanya sedikit wanita yang mengerti bahwa pola dan cara juga dapat memengaruhi kehamilan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC San Francisco, School of Nursing menemukan bahwa kebiasaan tidur memiliki pengaruh besar pada saat melahirkan. Wanita yang tidur kurang dari enam jam membutuhkan waktu lebih lama saat melahirkan, ketimbang mereka yang tidur lebih dari tujuh jam tiap harinya.

Selain itu, tingkat melahirkan secara caesar juga dilaporkan lebih tinggi pada wanita yang pola tidurnya tidak baik. Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas saat hamil, simak beberapa cara berikut, seperti yang dikutip dari healthmango.

1. Buatlah jadwal tidur dan coba untuk menaatinya selama kehamilan Anda. Waktu tidur dan bangun yang sama tiap harinya akan bantu mengatur siklus tidur. Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk melakukan hal santai seperti membaca buku, mendengarkan musik atau mandi sebelum tidur.

2. Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, frekuensi buang air menjadi semakin sering dan membuat tidur tak nyenyak. Agar tidak terbangun karena ingin buang air di malam hari, hindari untuk meminum terlalu banyak pada sore dan malam hari.

3. Hindari mengonsumsi makanan berat dan pedas di malam hari karena dapat menyebabkan sembelit. Sedikitnya berikan waktu selama tiga jam untuk mencerna makanan sebelum tidur.

4. Tak jarang pada saat hamil, wanita sering merasa kepanasan. Oleh karena itu, menyalakan kipas angin atau AC merupakan hal yang penting untuk menjaga kenyamanan tidur. Pastikan pula untuk memblokir cahaya matahari atau suara bising yang bisa membuat tidur Anda terganggu.

5. Pelajari beberapa teknik relaksasi sebelum tidur. Teknik ini bisa berupa bernapas dalam-dalam atau relaksasi otot progresif.

6. Posisi tidur yang tepat bisa menentukan kenyamanan Anda saat tidur. Berikut ini cara posisi tidur yang tepat:
- Ketika hamil, Anda mulai membiasakan diri dengan posisi tidur menyamping. Posisi ini memang merupakan posisi paling nyaman namun pastikan bahwa Anda tidur dengan posisi menyamping ke sisi kiri. Hal ini dapat membantu darah dan nutrisi penting mengalir dengan mudah ke rahim, janin, ginjal serta membantu mengurangi racun dalam tubuh.

- Anda tidak boleh terlalu lama tidur berbaring karena dapat membuat otot punggung, tulang punggung dan usus mendapat tekanan yang berat.

- Bantal yang nyaman dapat membantu Anda menemukan posisi tidur yang nyaman dama memungkinkan Anda untuk bisa tidur lebih lama.

Setelah semua cara untuk mendapatkan tidur yang nyaman sudah diketahui, saatnya Anda untuk mulai mempraktekannya. Tapi ketika rasa tak nyaman kembali datang, hindari untuk merasa gusar di atas tempat tidur. Membaca buku dan mendengarkan lagu berirama pelan bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri Anda dan siap kembali tidur.
 
 

No comments:

Post a Comment