Friday, August 5, 2011

Home » » 8 Cara Melawan Depresi Dan Meningkatkan Mood

8 Cara Melawan Depresi Dan Meningkatkan Mood

Sesuatu sepertinya sedang memenuhi udara di sekitar saya. Berawan, suram, dan ada sesuatu yang membuat saya dan begitu banyak orang lainnya merasa tertekan hari-hari ini. Minggu lalu saya mengalami hal yang buruk ketika hal teraklhir yang ingin saya lakukan adalah bangun dari tempat tidur.

Saya hanya berbaring di tempat tidur, dengan tirai jendela yang menutup dan berada di dalam kegelapan selama berjam-jam. Anjing peliharaan saya dengan sabar menanti. Saya tahu saya harus mengajaknya berjalan-jalan, tapi saya sungguh merasa tidak sanggup. Dengan mengabaikan suara batin saya, saya pun memutuskan untuk menggerakkan tubuh saya.

Saya meraih tali pengikat leher anjing saya dan kamipun berjalan kaki untuk mencerahkan suasana hati yang suram. Beberapa blok berjalan, ratusan wanita terlihat berjalan dari arah yang berlawanan dan melalui saya. Mereka merupakan rombongan wanita dari kelompok wanita penderita kanker payudara. Saya menyunggingkan senyuman kepada seorang wanita yang terlihat murung, berpikir mungkin ia butuh sedikit untuk mengangkat suasana hatinya. Ia tersenyum balik. Dan saya kembali membalas senyumannya, kali ini dengan sungguh-sungguh. Dan senyuman di wajahnya semakin lebar. Di akhir acara jalan-jalan ini, saya telah menyingkirkan awan gelap yang menutupi suasana hati saya. Pikiran saya kembali jernih dan pikiran saya tidak lagi bagaikan saat ini adalah akhir dunia.

Apakah rutinitas jalan-jalan, senyuman palsu yang berubah menjadi nyata, atau hanya karena menghilangkan diri dari lingkungan yang suram membuat saya kembali bersemangat? Saya tidak tahu. Namun ada satu hal yang pasti: ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan secara alami untuk membantu mengangkat semangat dan meningkatkan suasana hati Anda.

1. Latihan Kardio
Kebugaran inheren membuat Anda merasa baik untuk melepaskan endorfin di otak. Ini merupakan metode merasa baik yang natural dimana secara kimiawi meredakan stres, berpikir lebih jernih berkat udara segar yang terpompa di dalam otak, dan memberikan Anda perspektif baru yang lebih baik. Ya, hal itu sudah terbukti. Setidaknya 30 menit melakukan latihan kardio dari intensitas sedang sampai tinggi dapat mengoptimalkan produksi endorfin.

2. Makan Protein
Protein membantu meningkatkan dopamin (zat kimia yang membuat seseorang merasa senang) yang diproduksi di dalam otak. Makanan seperti ayam, kalkun, tuna, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari protein.

3. Makan Karbohidrat
Karbohidrat memiliki kemampuan memicu pelepasan serotonin (bahan kimia lain yang membuat seseorang merasa bahagia). Karbohidrat merupakan pembangkit mood yang alami.

4. Berjalan-jalan
Berjalan biasa seringkali dianggap sebagai “pil bahagia” bagi banyak orang dan “obat manusia terbaik” menurut Hippocrates. Jalan kaki yang sederhana dapat memiliki efek serius yang mendalam. Sekedar berjalan kaki seringkali justru membuat seseorang merasa rileks.

5. Bermain
 Bermainlah dengan anjing peliharaan Anda atau dengan anak Anda, dan tiba-tiba Anda akan mendapati bahwa segala sesatu kembali dalam perspektif yang baru. Perhatikanlah bagaimana anjing Anda berguling-guling di tanah dengan senangnya, atau anak Anda yang melempar bola dan bermain petak umpet! Anda akan langsung dibuatnya tertawa terbahak-bahak.

6. Cuci Mata 
Jika Anda ingin mengambil resiko dan tidak akan membuat Anda semakin merasa stres, belilah sesuatu. Namun Anda tidak perlu membeli ini itu dengan harga yang tinggi, cukup dengan melihat barang-barang yang cantik, warna-warna yang cerah dan tersenyum kepada para penjual.

7. Manjakan Diri
Hentikan perasaan stres selama beberapa detik dan lakukan sesuatu hanya untuk diri Anda sendiri seperti mandi, merawat kuku, membuat masker buatan sendiri yang terbuat dari madu atau yoghurt penuh lemak (keduanya merupakan exfoliator yang alami dan merupakan bahan facial yang termudah).

8. Bermain Video Games Atau Menonton Film
Rilekskan pikiran Anda dengan menonton film yang benar-benar Anda sukai atau memainkan video games favorit.

Source 

No comments:

Post a Comment